Keseimbangan dan Pencemaran Lingkungan

Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada disekitar organisme, baik berupa biotik maupun abiotik. Keberadaan biotik maupun abiotik yang membentuk pola-pola interaksi akan menentukan kondisi lingkungan tersebut.  Lingkungan yang baik adalah lingkungan yang memiliki mutu/kualitas lingkungan yang tinggi. Manusia merupakan salah satu parameter untuk menentukan baik/tidaknya mutu lingkungan. Semakin baik mutu lingkungan menunjukkan makin baik pula mutu kehidupan manusia. Selain itu juga dapat mendukung kehidupan organisme lainnya, baik bagi tumbuhan maupun hewan.

Lingkungan yang dapat mendukung semua kehidupan organisme dapat dikatakan bahwa lingkungan tersebut dalam keadaan seimbang. Namun adanya berbagai gangguan baik alami maupun buatan menyebabkan lingkungan tersebut mengalami perubahan. Adanya perubahan lingkungan ini akan mengakibatkan gangguan bagi kehidupan organisme. Salah satu gangguan yang paling mudah diamati adalah terjadinya pencemaran lingkungan.

Salah satu tugas manusia sebagai salah satu komponen lingkungan adalah bagaimana mempertahankan lingkungan tetap seimbang dan menanggulangi adanya perubahan lingkungan tersebut, maka sangat sangat dibutuhkan orang-orang memiliki etika lingkungan atau berwawasan lingkungan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s