COELENTERATA

Coelenterata berasal dari kata coelom yang artinya berongga dan enteron yang artinya perut (usus). Dengan demikian, Coelenterata dapat diartikan sebagai hewan perut berongga (berupa rongga gastrovasculer). Makanan masuk melalui mulut kemudian masuk ke perut. Rongga tubuh digunakan sebagai tempat pencernaan makanan dan sebagai alat pengedar sari makanan dan sisa makanan yang dikeluarkan.

Coelenterata meliputi Cnidaria dan Ctenophora.

CNIDARIA

1.    Ciri-Ciri Coelenterata

  • memiliki rongga tubuh (coelom) berupa rongga gastrovasculer yang berfungsi sebagai alat pencernakan dan sirkulasi makanan. Sistem pencernaan berlangsung secara ekstraseluler (dalam gastrovaskuler) dan intraseluler (dalam sel endoderm).
  • Diploplastik, dinding tubuh terdiri 2 lapisan, yaitu ektoderm ( lapisan luar ) dan endoderm (lapisan dalam). Antara kedua lapisan tersebut terdapat lapisan mesoglea (tengah).
  • Memiliki 2 bentuk kehidupan, yaitu bentuk polip dan medusa. Bentuk polip dengan ciri hidup soliter / berkoloni, menempel / menetap pada subtrat dasar, dan berkembang biak dengan cara vegetatif. bentuk polip yang berkoloni dinamakan polimorfisme. Bentuk medusa dengan ciri hidup bergerak aktif / berenang bebas, berkembang biak dengan cara generatif.
  • Sistem reproduksi secara metagenesis, yaitu pergiliran keturunan antara vegetatif dengan generatif. secara vegetatif dengan membentuk kuncup / tunas / gemullae, dan secara generatif melalui pembuahan ovum dengan sperma.
  • Sistem respirasi melalui seluruh tubuh secara difusi.
  • sistem syaraf dengan membentuk jala, yaitu berupa ganglion syaraf.
  • Sistem gerak dengan menggunakan tentakel yang terdapat pada sekitar mulut. Tentakel juga berfungsi untuk menangkap dan memasukkan makanan. Pada ujung tentakel terdapat sel knidoblast, setiap knidoblast mengandung alat penyengat yang dinamakan nematokist, yang berfungsi untuk mempertahankan diri dan melumpuhkan mangsa kedalam tubuhnya.
  • Habitat umumnya di laut, kecuali Hydra sp (di air tawar).

2.  Klasifikasi Coelenterata

Coelenterata dikelompokkan menjadi beberapa kelas, yaitu :

a.  Kelas HYDROZOA ( Hydro = air ; zoa = hewan)

Ciri / Karakteristik : Habitat di air (tawar/laut), ada yang soliter dan ada yang  koloni. Memiliki tentakel (4–6 buah) yang  berfungsi untuk  alat gerak dan membantu dalam menangkap mangsa. Pada tentakel terdapat sel–sel knidoblast yang  mengandung nematokist.

Contoh :

1)  Hydra sp

Hidup soliter di air tawar,  memiliki bentuk polip dan tidak melalui stadium medusa,  memiliki 6 – 10 tentakel yang mengelilingi. Berkembang biak secara seksual maupun aseksual. Secara seksual melalui peleburan sel telur (dari ovarium) dengan sperma (dari testis) membentuk zigot yang akan berkembang sampai stadium gastrula kemudian membentuk kista dengan dinding dari zat tanduk. Kista ini dapat berenang bebas dan di tempat yang sesuai akan melekat pada obyek di dasar perairan. Bila keadaan lingkungan membaik, inti kista pecah dan embrio tumbuh menjadi Hydra baru.

Secara aseksual melalui pembentukan tunas/budding

2) Obelia sp

Hidup berkoloni di air laut, memiliki bentuk polip maupun medusa, mengalami metagenesis, memiliki rangka luar dari zat kitin. Ada 2 macam bentuk polip, yaitu polip hidrant yang berfungsi pencernakan makanan, dan polip gonangium yang berfungsi menghasilkan sel kelamin.

3)  Physalia sp

Hidup di laut, ada 3 macam bentuk polip , yaitu  polip gastrozoid (mencerna makanan, polip gonozoid (reproduksi), polip daktilozoid (menangkap mangsa).

2.  Kelas SCYPHOZOA (Skyphos = mangkok ; zoa = hewan)

Ciri / Karakteristik :

Bentuk tubuh Scyphozoa menyerupai mangkuk atau cawan, sehingga sering disebut ubur-ubur mangkuk. Pencernaan berlangsung secara ekstraseluler didalam rongga gastrovaskuler (terdiri atas sebuah rongga sentral dan empat kantong gastrovaskuler). Tiap kantong gastrovaskuler dilengkapi tentakel dan nematokist. Reproduksi secara metagenesis, yaitu reproduksi seksual (medusa) yang diikuti reproduksi aseksual (polip) dalam satu generasi. Tubuhnya transparan.

Contoh :    Aurelia aurita (ubur-ubur), Cynea sp, Chrysaora fruttescents, Pelagia sp

3.  Kelas ANTHOZOA  ( Anthos = Bunga ; zoa = hewan)

Sering disebut anemon laut / mawar laut, karang laut.

Ciri / Karakteristik :

Anthozoa dalam daur hidupnya hanya mempunyai polip. Reproduksi secara seksual (pembentukan gamet) dan aseksual (pembetukan tunas dan fragmentasi). Hidup secara soliter, memiliki tentakel beraneka ragam warna. Tentakel mengelilingi celah mulut  dan tersusun menyerupai mahkota bunga. Bila mendapat gangguan, tentakel akan ditarik masuk ke dalam  celah mulut dan mengeruntukan tubuhnya.

Contoh :  Karang Suling ( Tubifora musica), Akar bahar (Euplxaura antiphetes), Hewan karang (Acrophora sp)

 

CTENOPHORA

Ciri / Karakteristik :

Habitat di laut. Hanya ditemukan dalam bentuk medusa, simetri radial, tidak memiliki nematokist. Sering di sebut juga Ubur-ubur sisir (Comb jellies) , karena punya alat gerak sisir yang  disebut costae.

contoh : Hormiphora sp, Pleurobranchia sp, Mnemiopsis sp

Peranan Coelenterata

  • Hewan ubur-ubur yang  banyak di perairan Indonesia dapat  dimanfaatkan untuk pembuatan tepung ubur-ubur, kemudian diolah menjadi bahan kosmetik / kecantikan, selain itu untuk makanan.
  • Karang atol, karang pantai, dam karang penghalang (barier) dapat melindungi pantai dari abrasi air laut.
  • Karang merupakan tempat persembunyian dan perkembangbiakan ikan.
  • Memiliki nilai ekonomi yang  tinggi, misal jenis batu karang merah.
  • Batu karang merupakan bahan pembuat kapur.
  • Batu karang sebagai taman laut, sehingga memberikan pemandangan yang indah.
  • Kerangka akar bahar (Euplxaura antiphetes) dapat digunakan sebagai gelang.
  • Beberapa jenis koral, melakukan simbiosis mutualisme dengan Dinoflagellata. Koral dengan polipnya melindungi dinoflagella, sedangkan dinoflagella menyediakan oksigen dan mendaur ulang sisa metabolisme koral. Koral terkadang dapat hidup berkelompok dalam jumlah yang banyak dan membentuk susunan yang disebut coral reef. Contohnya adalah The Great Barrier Reef di Australia yang panjangnya hampir 2.000 km.

by. Aslam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s