Soal Latihan

SOAL KEANEKARAGAMAN HAYATI

 Uji Kompetensi 1

A. Pilih jawaban yang paling tepat.

 1. Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya keanekaragaman tingkat jenis adalah . . . .

A. materi genetik

B. lingkungan

C. adaptasi

D. materi genetik dan lingkungan

E. lingkungan dan adaptasi

2. Kelompok mana yang merupakan keanekaragaman jenis?

A. Buaya dan kadal

B. Merpati mahkota dan merpati pos

C. Kelapa hijau dan kelapa kopyor

D. Padi pelita dan padi cisadane

E. Mangga arumanis dan mangga gedong

3. Perbedaan yang ditemukan di antara sesama ayam dalam satu kandang disebut . . . .

A. evolusi

B. adaptasi

C. variasi

D. spesialisasi

E. identifikasi

4. Kelompok mana yang menunjukkan keanekaragaman jenis dalam famili?

A. Ayam bekisar dan ayam ras

B. Beruang putih dan beruang cokelat

C. Kelapa hijau dan kelapa gading

D. Kelapa dan aren

E. Badak bercula satu dan badak bercula dua

5. Apa yang menyebabkan individu dalam satu spesies beraneka ragam?

A. Pengaruh lingkungan

B. Perbedaan makanan

C. Jumlah kromosom yang berbeda

D. Banyak sedikitnya gen dalam kromosom

E. Komposisi gen dalam kromosom

6. Pulau-pulau di Indonesia menjembatani dua kawasan zoogeografi yang memiliki sifat yang sangat berlainan, yaitu . . . .

A. Ethiopia dan Oriental

B. Oriental dan Australian

C. Australian dan Paleartik

D. Oriental dan Paleartik

E. Ethiopia dan Australian

7. Garis Wallace yang menghalangi penyebaran hewan merupakan garis pemisah antara pulau-pulau . . . .

A. Sumatra dan Jawa

B. Jawa dan Bali

C. Kalimantan dan Sulawesi

D. Sulawesi dan Maluku

E. Maluku dan Nusa Tenggara

8. Penebangan kayu di hutan harus memenuhi persyaratan tertentu agar kelestarian terjaga. Persyaratan tersebut, di antaranya . . . .

A. tebang habis, tanam lagi

B. penebangan minimal

C. sistem tebang pilih

D. penebangan maksimal

E. reboisasi di pinggir hutan

9. Usaha-usaha manusia untuk melestarikan lingkungan agar serasi dan seimbang antara lain . . . .

A. pemakaian sumber daya alam secara berlebihan

B. pemanfaatan sumber daya alam secara bijaksana

C. pemberantasan hama dengan pestisida

D. penebangan hutan secara ekonomis

E. perburuan satwa tanpa memedulikan jumlah populasi

10. Salah satu cara menata lingkungan adalah dengan penghijauan baik di rumah maupun di sekolah, yaitu dengan membuat kebun tanaman dapur dan tanaman obat keluarga. Berikut ini yang termasuk tanaman obat adalah. . . .

A. seledri dan bayam

B. belimbing wuluh dan sambiloto

C. cabai rawit dan tomat

D. serai dan lengkuas

E. cabai merah dan jeruk nipis

B. Jawab pertanyaan berikut dengan benar.

1. Faktor-faktor apakah yang menimbulkan keanekaragaman? Jelaskan!

2. Mengapa di Sulawesi, Nusa Tenggara, dan Maluku terdapat spesies spesies unik yang tidak ditemukan di tempat lain? Jelaskan!

3. Jelaskan dengan contoh pentingnya keanekaragaman hayati bagi kehidupan manusia!

4. Sebutkan tindakan manusia yang berpengaruh buruk terhadap ekosistem alami di hutan!

5. Apa yang dimaksud dengan pernyataan “Hutan hujan tropis sebagai sumber plasma nutfah”?

by. Aslam

SOAL KEANEKARAGAMAN HAYATI

Uji Kompetensi 2

 I. Pilihlah jawaban yang paling benar!

 1.  Wilayah Indonesia memiliki keanekaragaman tertinggi di dunia, karena terletak di daerah tropik. Keanekaragaman itu dapat terlihat dari unsur-unsur berikut, kecuali ….

a. makanan

b. cara beradaptasi

c. adanya flora dan fauna endemik

d. cara berkembang biak

e. cara penangkaran

2. Persebaran makhluk hidup di Indonesia terletak di antara persebaran makhluk hidup zona-zona di dunia, macam-macam zona persebaran makhluk hidup Indonesia antara lain seperti berikut, kecuali….

a. zona Neartik

b. zona Oriental

c. zona Australian

d. zona Peralihan

e. zona Pasifik

3. Karena negara Indonesia terletak di daerah tropik, maka memiliki keanekaragaman hayati tertinggi di dunia berupa kekayaan jenis hutan dengan aneka ragam jenis hewannya. Negara lain yang juga memiliki keanekaragaman tertinggi di dunia selain Indonesia adalah ….

a. Inggris

b. Brasil

c. Amerika

d. Jerman

e. India

4. Pada zona persebaran makhluk hidup di wilayah barat Indonesia terdapat jenis-jenis hewan yang sangat beragam, antara lain ….

a. banteng

b. komodo

c. anoa

d. kakaktua berjambul

e. cendrawasih

5. Negara Indonesia yang terletak di antara zona-zona persebaran makhluk hidup di dunia memiliki banyak hewan langka, seperti ….

a. oposum

b. panda

c. onta

d. heina

e. babi hutan

6. Suatu makhluk hidup baik hewan atau tumbuhan yang hanya dijumpai pada suatu wilayah tertentu dan tidak dijumpai di tempat lain disebut ….

a. langka

b. endemik

c. unik

d. peralihan

e. punah

7. Beraneka ragam jenis makhluk hidup baik hewan maupun tumbuhan memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan manusia, misalnya sebagai ….

a. penghasil gas CO

b. sumber plasma nutfah

c. penghasil minyak bumi

d. usaha pertambangan

e. usaha perindustrian

8. Suatu usaha pelestarian dengan cara memindahkan makhluk hidup baik hewan atau tumbuhan dari habitat aslinya ke tempat lain disebut….

a. taman nasional

b. kebun raya

c. pelestarian exsitu

d. pelestarian insitu

e. cagar alam

9. Taman Nasional Kerinci Serblat yang terletak melintang di Pulau Sumatra memiliki beberapa jenis tumbuhan, antara lain ….

a. jati

b. sengon

c. bangkirai

d. kruing

e. kelapa

10. Jika ada suatu makhluk hidup dari individu yang sama tetapi berada di lingkungan berbeda akan memunculkan individu yang belum tentu sama, keadaan ini disebut ….

a. keanekaragaman fenotipe

b. keanekaragaman genotipe

c. tingkat keanekaragaman jenis

d. tingkat keanekaragaman ekosistem

e. adanya variasi individu

II. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!

1. Indonesia terkenal memiliki keanekaragaman hayati paling tinggi di dunia. Apakah yang dimaksud dengan keanekaragaman hayati? Jelaskan!

2. Persebaran makhluk hidup di Indonesia berada di antara zona Oriental dan zona Australasia. Sebutkan bagian-bagian wilayah di Indonesia yang berada di antara zona-zona tersebut!

3. Sebutkan beberapa jenis tumbuhan dan hewan asli Indonesia yang termasuk langka atau endemik, masing-masing lima jenis!

4. Sebutkan peranan keanekaragaman hayati terhadap kehidupan manusia!

5. Di manakah letak perbedaan antara konservasi hutan wisata dan wanawisata?

6. Bilamanakah kegiatan manusia dikatakan merugikan atau menguntungkan keberadaan keanekaragaman hayati?

7. Mengapa pencemaran lingkungan dapat merugikan keanekaragaman hayati? Jelaskan!

8. Apakah yang dimaksud pelestarian exsitu?

9. Bilamanakah suatu makhluk hidup dikatakan punah?

10. Apa yang dimaksud dengan konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistem? Jelaskan!

by. Aslam

SOAL KEANEKARAGAMAN HAYATI

 Uji Kompetensi 3

 I . Pilihlah salah satu jawaban yang benar!

1. Di bawah ini yang bukan merupakan hewan-hewan yang dilindungi pemerintah adalah ….

a. kuda                                                                                                          d. gajah

b. komodo                                                                                                    e. harimau

c. tupai

2. Makhluk hidup dikelompokkan dalam spesies yang sama jika ….

a. mempunyai makanan yang sama

b. mempunyai ciri morfologi yang sama

c. hasil perkawinannya adalah keturunan yang fertil

d. mempunyai ciri fisiologi yang sama

e. hasil perkawinannya adalah keturunan yang sama dengan induknya

3. Irian dan Maluku masuk dalam wilayah tipe ….

a. Oriental                                                                                                    d. Australia

b. Afrika                                                                                                        e. Peralihan

c. Eropa

4. Ekosistem yang stabil dapat diindikasikan dari tingginya tingkat keanekaragaman hayati. Hal ini karena …

a. terjadinya secara alami

b. merupakan hasil interaksi antara faktor biotik dan abiotik

c. merupakan hasil interaksi antarmakhluk hidup sehingga terjadi keseimbangan

d. dijaga oleh manusia

e. perubahan tidak mungkin terjadi

5. Orang utan, badak bercula satu, dan beraneka jenis primata hidup di daerah tipe ….

a. Oriental                                                                                                    d. Australia

b. Afrika                                                                                                        e. Peralihan

c. Eropa

6. Suatu dareah yang dibiarkan apa adanya sebagai suatu ekosistem yang bebas dari segala macam eksploitasi disebut ….

a. suaka margasatwa

b. cagar alam

c. taman bunga

d. taman nasional

e. kebun raya

7. Suatu komunitas yang terdiri dari berbagai komponen makhluk hidup yang menjadi suatu sistem yang saling berinteraksi disebut ….

a. ekologi                                                                                                     d. ekosistem

b. komunitas                                                                                                e. habitat

c. famili

8. Keanekaragaman hayati timbul karena dipengaruhi faktor ….

a. dari dalam

b. adaptasi yang dilakukan makhluk hidup

c. lingkungan

d. lingkungan dan gen

e. makanan

9. Hubungan antara kelestarian alam dan kehidupan manusia adalah ….

a. tingginya kekayaan alam menunjukkan kekayaan negara

b. kepedulian lingkungan yang tidak sebatas negara dapat menyatukan umat manusia

c. alam yang baik menunjukkan tingkat pendidikan manusia untuk mengerti pentingnya alam bagi makhluk hidup

d. kelestarian alam menunjukkan besarnya penghargaan manusia terhadap alam sehingga kebutuhan  hidupnya dapat terpenuhi tanpa merusak alam

e. kelestariaan alam erat kaitannya dengan baiknya perekonomian

10. Orang utan dan gajah mulai dilindungi sejak tahun ….

a. 1932                                                                                                         d. 1972

b. 1931                                                                                                         e. 1971

c. 1933

11. Harimau sumatra mulai dilindungi pada tahun ….

a. 1932                                                                                                         d. 1972

b. 1931                                                                                                         e. 1971

c. 1933

12. Undang-undang ordonansi binatang liar yang melarang perburuan binatang yang dilindungi adalah undang-undang nomor ….

a. 33 dan 34                                                                                                d. 35 dan 36

b. 34 dan 35                                                                                                e. 34 dan 36

c. 33 dan 35

13. Berikut ini yang bukan merupakan peraturan tentang perburuan adalah ….

a. hewan-hewan yang boleh diburu

b. membuat surat izin

c. melarang berburu hewan langka

d. tidak membolehkan menangkap hewan yang hamil

e. batas-batas daerah perburuan

14. Keanegaragaman hayati yang belum tersentuh adalah ….

a. hutan tropis                                                                                             d. hutan subtropis

b. hutan hujan tropis                                                                                  e. hutan lindung

c. hutan bakau

15. Tempat perlindungan tanaman yang juga menjadi tempat untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan pendidikan adalah ….

a. suaka margasatwa                                                                                d. taman nasional

b. cagar alam                                                                                              e. kebun raya

c. taman bunga

16. Seluruh keragaman genetika yang ada dalam sebuah populasi disebut ….

a. suaka                                                                                                        d. ekosistem

b. habitat                                                                                                      e. plasma nutfah

c. genus

17. Menghutankan suatu daerah yang bukan hutan sebagai pengganti hutan yang digunakan untuk kepentingan lain yang lebih besar manfaatnya disebut dengan ….

a. aforestasi                                                                                                 d. penghijauan

b. reboisasi                                                                                                  e. rehabilitasi

c. erosi

18. Pemerintah mengizinkan pihak asing untuk ikut melestarikan alam Indonesia karena ….

a. keterbatasan dana yang dimiliki pemerintah

b. pengaruh kekayaan alam Indonesia terhadap ekosistem dunia

c. pemerintah ingin mendapatkan devisa

d. keinginan pemerintah untuk mempromosikan kekayaan alam Indonesia

e. keterbatasan ahli di dalam negeri

19. Dalam rantai makanan, tumbuhan berfungsi sebagai ….

a. konsumen tingkat I                                                                                c. produsen

b. konsumen tingkat II                                                                               d. pemangsa

c. konsumen tingkat III

20. Dalam rantai makanan, karnivor bertindak sebagai ….

a. konsumen tingkat I                                                                                c. produsen

b. konsumen tingkat II                                                                               d. pemangsa

c. konsumen tingkat III

II. Jawablah dengan singkat dan jelas!

1. Sebutkan hewan-hewan langka yang hampir punah dan dilindungi di Indonesia!

2. Sebutkan usaha-usaha yang dilakukan manusia dalam melestarikan keanekaragaman hayati!

3. Sebutkan tiga tipe keanekaragaman hayati!

4. Apa sajakah isi undang-undang yang mengatur perburuan?

5. Sebagai masyarakat awam, usaha apakah yang dapat membantu melestarikan lingkungan, hewan, dan tumbuh-tumbuhan langka?

by. Aslam

SOAL KEANEKARAGAMAN HAYATI

 Uji Kompetensi 4

 A. Pilihlah satu jawaban yang paling benar dengan memberi tanda silang (X) pada huruf a, b, c, d, atau e!

1. Penyebab adanya keanekaragaman adalah . . . .

a. adanya variasi dari faktor genetik

b. adanya variasi lingkungan yang berbeda-beda

c. interaksi faktor genetik dan faktor lingkungan

d. interaksi antara sesama faktor genetik

e. interaksi antara sesama faktor lingkungan

2. Ada ayam bangkok, ayam buras, ayam katai, ayam hutan, ayam bekisar, dan lain-lain. Hal ini merupakan contoh adanya keanekaragaman tingkat . . . .

a. jenis                                                                                                            d. populasi

b. gen                                                                                                             e. komunitas

c. ekosistem

3. Keanekaragaman atau kekayaan jenis dapat diukur dari . . . .

a. indeks keanekaragaman

b. habitat keanekaragaman

c. spesies yang telah punah

d. laju keanekaragaman

e. populasi penyusun ekosistem

4. Keanekaragaman ekosistem terbentuk karena . . . .

a. interaksi antara berbagai jenis makhluk hidup

b. interaksi dua jenis makhluk hidup

c. interaksi satu jenis makhluk hidup dengan lingkungan

d. interaksi antara jenis makhluk hidup yang bervariasi dengan lingkungan yang beranekaragam

e. interaksi antara jenis makhluk hidup yang sejenis dengan lingkungan yang sejenis

5. Dua individu yang menempati daerah yang sama dapat disebut satu spesies apabila . . . .

a. penyusun gennya sama

b. makanan dan tingkah lakunya sama

c. dapat saling kawin dan keturunannya fertil

d. habitat dan makanannya sama

e. cara reproduksinya sama

6. Adanya variasi makhluk hidup terjadi karena . . . .

a. beranekaragamnya jenis makanan makhluk hidup

b. beranekaragamnya faktor genetika yang dimiliki oleh setiap individu makhluk hidup

c. beranekaragamnya cara reproduksi makhluk hidup

d. beranekaragamnya spesies dalam satu famili

e. beranekaragamnya ordo dalam satu kelas

7. Variasi jenis makhluk hidup yang terjadi secara buatan atau rekayasa genetika dapat dihasilkan melalui persilangan atau mutasi. Contohnya adalah . . . .

a. kelapa gading

b. kelapa hibrida

c. kelapa hijau

d. kelapa kopyor

e. kelapa sawit

8. Ekosistem merupakan suatu satuan lingkungan, yang salah satunya terdiri dari unsur-unsur biotik, yang termasuk unsur-unsur  biotik adalah . . . .

a. sungai

b. sinar matahari

c. tumbuhan

d. tanah

e. udara

9. Yang merupakan aspek pencirian ekosistem adalah perbedaan . . . .

a. faktor biotiknya

b. energitika, pendauran hara, dan produktivitasnya

c. faktor-faktor fisiknya

d. faktor-faktor kimianya

e. lama hidup makhluk hidup penyusunnya

10. Penyebab individu dalam satu spesies beranekaragam adalah . . . .

a. pengaruh lingkungan

b. perbedaan makanan

c. susunan gen dalam kromosom

d. jumlah kromosomnya

e. jumlah gen dalam kromosom

B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan benar dan jelas!

1. Jelaskan yang menyebabkan individu-individu dalam satu spesies beranekaragam!

2. Sebutkan manfaat keanekaragaman hayati bagi kehidupan!

3. Berikan contoh adanya keanekaragaman tingkat gen!

4. Jelaskan yang dimaksud keanekaragaman jenis!

5. Apakah yang dimaksud dengan:

a. plasma nutfah

b. komunitas

c. ekosistem

by. Aslam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s